Rabu, 30 November 2016

Tentang Salah dan Maaf

Hari itu, gue disuruh sama bokap buat nulis pada lembaran transfer antar rekening Bank BCA, pagi itu tepatnya, saat gue masih bobo nyenyak dan lagi mimpi jalan jalan ke phuket, tiba tiba negara api menyerang

“Wiiiii bangun! Nih tulisin nih, bapak mau transfer”

“Iyaaaaa” Padahal mimpi gue lagi asik. Elaaaaahhh

“Buruan, bapak mau jalan nih”

“Buruan nikahin aku dulu ya pak, baru aku tulisin”
“Eh, cepet!”

Seketika gue langsung bangun, walau nyawa belom ngumpul, tulis aja buat bapak tersayang.

Bukannya bokap gue gabisa nulis, bisa kok. Cuma ya tulisannya gak rapih dan dia gak pede gitu kalo tulisannya dikasihin ke mbak tellernya. Wkwk.

Setelah selesai nulis, gua langsung peluk guling kesayangan penuh saksi mimpi mimpi Phuket.
5 menit kemudian,

“Wiiiii ini ga jelas tulisannyaaaaa” Bokap gue kali ini ga nyantai. Ternyata pas gue cek lagi emang gue kurang jelas nulis, maybe efek baru bangun kali ya, ga konsentrasi, ga ada aqua sih, ga ada kamu juga.

Kena lah omelan di pagi hari itu. Haft. Sebel sih, lagi nyenyak trus dibangunin. Kena omel pula.

But, gue yakin bokap gue ngomel bukan karena akan malu sama mbak teller kok. Tapi pasti bokap gue hanya memastikan bahwa rekening dan nominal transfernya ga keliru.

Seketika gue berpikir. Ketika gue punya salah, kadang ngerasa kok bokap gue ngomelnya segitunya ya. Padahal gue udah rela memutuskan mimpi gue buat ngebantu nulis. Kenapa cuma liat sedikit kesalahan aja. Ga liat gue yang sedang terlelap karena begadang.

Bukan gue yang baper yah. Tapi emang bener. Kadang, orang itu hanya melihat setitik kesalahan dan mengabaikan sejuta kebaikan.

Tiap orang emang punya salah, mau salahnya kecil atau kesalahan besar. Pasti punya. Tapi yang lebih salah lagi adalah yang gamau mengakui kesalahannya. Nahloh. Kelaut aja yang kayak gitu!

Tiap orang pasti pernah kecewa karena sebuah kesalahan, mau salahnya besar atau kecil, kecewa pasti ada. Tapi orang yang dikecewakan belom tentu bisa memaafkan. Nahloh. Gimana tuh.

Ada lagi nih tipe orang yang bilang kalo dia udah memaafkan, tapi gak melupakan kesalahan. Nahlohhhh.

*Minum dulu ah biar ga tegang*

Lanjut lagi. Menurut gue efek dari kesalahan itu emang banyak banget. Salah udah pasti ada, maaf juga pasti ada, yang belom pasti adalah maaf yang tulus.
Sorry, kecil tulisannya, yang penting tulus maafnya.
Emang sih, sebuah kesalahan itu, sekecil apapun bisa ngubah segalanya, mengubah secara lahir maupun batin. Seperti apa kata pepatah “Karena noda setitik, rusak susu sebelanga”

Paham kan artinya? Kalo ga paham, sini biar gue jelasin.

Sebelumnya, jangan lupa bahagia ya. Kalo lupa, sini aku bahagiain. *Hlohh*

Berdasarkan pepatah itu, yang bilang kalo karna setitik noda, warna kesucian susu yang putih banget bisa seketika berubah jadi putih ‘butek’.

Artinya, karna satu kesalahan kecil, semua bisa berubah. Bisa diubah. Bisa kacau. Bisa berantakan. Dan lain lain.

Dengan sengaja atau gak sengaja. Salah tetep namanya salah. Ga akan ganti sampe kapanpun. setiap orang pasti punya kesalahan. Cuma, kita sebagai manusia ga boleh jadi manusia bodoh kayak lagu ‘ada band’.

Bodoh kan bukan berarti selalu salah, tapi ga pernah belajar dari kesalahan.

Kalo udah salah sekali, ya akui. Dan belajar dari setiap titik dimana kita memulai kesalahan, belajar untuk memperbaiki diri untuk dapat mengubah segalanya menjadi lebih baik, lebih baik dari sebelum kesalahan dibuat.

Jangan lupa juga untuk selalu minta maaf ketika kita memiliki salah, entah dimaafkan atau tidak, yang penting maaf sudah disampaikan, dan biarlah waktu yang membuktikan, dengan kesalahan, kita menjadi lebih dewasa. Dengan kesalahan, kita memulai belajar untuk tidak jatuh ke lubang yang sama.

Sekian!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar